Artikel

[Artikel][bsummary]

Wisata

[Wisata][bigposts]

News

[News][twocolumns]

Jangan sepelekan trauma di masa lalu



( Jangan sepelekan trauma di masa lalu )




Berbicara tentang masa lalu, kali ini kita akan membahas sedikit tentang Dissociative Identitiy Disorder (DID) atau kepribadian ganda. Apa ada hubungannya dengan masa lalu ?
Dissociative Identitiy Disorder (DID) atau kepribadian ganda didefinisikan sebagai kelainan mental di mana seseorang yang mengidapnya akan menunjukkan adanya dua atau lebih kepribadian yang masing-masing memiliki nama dan karakter yang berbeda. Mereka yang memiliki kelainan seperti ini sebenarnya hanya memiliki satu kepribadian, namun si penderita akan merasa kalau ia memiliki banyak identitas bila mendapati cara berpikir, temperamen, tata bahasa, ingatan, dan interaksi terhadap lingkungan yang berbeda-beda.
  • Colin Ross, penulis buku The Osiris Complex, mengatakan bahwa proses disosiasi pada anak yang mengarah kepada kelainan DID terdiri dari dua proses psikologis.
  • Wikipedia bahasa Indonesia, disebutkan bahwa kepribadian ganda atau elter ego adalah suatu keadaan di mana kepribadian individu terpecah sehingga muncul kepribadian yang lain.
Lalu penyebab seseorang mempunyai Kepribadian ganda seperti apa ?
  • Kemampuan bawaan untuk memisahkan kepribadian dengan mudah.
  • Pelecehan seksual pada masa kecil yang berulang.
  • Kurangnya orang yang melindungi ataupun menghibur dari pengalaman buruk yang dialami.
  • Pengaruh dari anggota keluarga lain yang memiliki gangguan psikologis.
Penyebab utama gangguan identitas disosiatif sebenarnya adalah trauma berkepanjangan yang dialami pada masa kanak-kanak. Trauma tersebut terbentuk akibat beragam penyiksaan dan pelecehan, seperti: penyiksaan dan pelecehan seksual, kekerasan fisik, kekerasan secara psikologis, dan juga ritual-ritual aneh yang menyakiti sang korban (Satanic Ritual Abuse).
Ciri-ciri seseorang mempunyai kepribadian ganda .
  • Harus terdapat 2 atau lebih identitas atau kesadaran yang berbeda pada diri orang tersebut.
  • Kepribadian-kepribadian yang ada tersebut secara berulang mengambil alih perilaku orang tersebut (Switching).
  • Adanya ketidakmampuan untuk mengingat informasi penting yang berkaitan dengan dirinya yang terlalu luar biasa bila dianggap sekedar lupa biasa.
  • Gangguan-gangguan yang terjadi ini tidaklah terjadi akibat efek psikologis dari substansi seperti alkohol atau obat-obatan atau karena kondisi medis misalnya demam.
Ini dia beberapa kasus tentang kepribadian ganda.
  1. Billy milligan
Pria ini ketika menjalani tes kejiwaan diketahui bahwa memiliki 24 identitas berbeda. Ketika menjalani interogasi akibat suatu kejahatan yang dia lakukan, ada sebuah identitas yang mengakui perbuatannya dan dia adalah seorang wanita. Identitasnya yang lain diantaranya Arthur yang mempunyai pengetahuan luas dan berkebangsaan inggris.
Anehnya, meskipun billy sama sekali tidak pernah belajar soal medis, saat menjadi Arthur dia bisa mengungkapkan keahliannya dalam hal medis. Hal aneh lainnya terjadi ketika dia berpindah kepribadian menjadi Ragen yang bisa berkomunikasi dalam bahasa Serbia Kroasia, padahal billy tidak pernah mempelajari bahasa tersebut.
Hal tersebut masih menjadi misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini, kecuali dengan menyimpulkan bahwa dia kerasukan setan, bukannya mengalami DID.
  1. Kimi Sand
Wanita ini memiliki 15 kepribadian. Termasuk menjadi seorang anak kecil berusia 4 tahun dan seorang biseksual. Penyakit ini membuat dirinya memiliki beberapa kepribadian yang bisa muncul kapan saja, yang mengambil kendali tubuhnya. Terkadang Kim bisa berubah menjadi koki Jepang Satou(22), atau remaja fionna(17), balita kembar berumur empat tahun, Jack dan Safyer.
Dia juga bisa berubah menjadi transgender Finn (14) dan seorang biseksual Theodore (15). Perubahan kepribadiannya ini bisa bertahan beberapa menit atau bahkan sampai hari.  Gangguan kepribadian seperti ini mulai terjadi pada Kimi Sands pada saat dia berumur 3 tahun. Pada saat dia berusia 20 tahun, Sand didiagnosa oleh seorang psikoterapis di Pusat Trauma Pottergate di Norwich yang mengatakan bahwa Anda harus membuat banyak kompromi ketika Anda memiliki 15 kepribadian. Saya harus menyimpan pakaian yang berbeda untuk setiap orang. Jika jiwa anak-anak saya (Kim) muncul, maka mereka akan marah saat mereka memakai gaun.
Saya juga harus memastikan bahwa selalu ada makanan vegan di lemari es untuk Fiona dan ketika remaka Theodore datang, saya harus menghabiskan malam hari di luar untuk pergi minum.
Setelah membaca penyebab dan ciri-ciri seseorang mempunyai kepribadian ganda, disini sudah terlihat bahwa pengaruh masa lalu saat kita masih kanak-kanak akan berakibat fatal pada dirinya dan lingkungan di sekitarnya kelak. Pada contoh kasus diatas pun sangat jelas bahwa DID hal nyata.
Jadilah seseorang yang hangat, lemah lembut kepada semua orang di sekitarmu, karena cinta dan kasih sayang mungkin obat satu-satunya saat ini. Sebelum semuanya terlambat lebih baik kita mencegah daripada mengobati. Berilah cinta kepada semua orang .




Nabil/BBS
toongkrongan.blogspot.com