Artikel

[Artikel][bsummary]

Wisata

[Wisata][bigposts]

News

[News][twocolumns]

Gadget membunuhmu hati-hati


(Gadget, Smartphone)



Gadget? Siapa sih yang nggak kenal benda yang satu ini., dari anak kecil sampai orang yang sudah tua renta, dari profesi pengemis sampai pejabat pemerintahan  pasti mengenalnya. Gadget memang tak pernah bisa lepas dari kehidupan banyak orang bahkan saat ini gadget  sudah merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. Tapi tahukah anda bahaya yang  mengintai ketika terlalu sering menggunakan gadget?
Banyak orang yang terlalu asyik dengan banyak keunggulan yang ditawarkan gadget  sehingga kurang memperhatikan dampak negatif yang ditimbulkan oleh  seringnya menggunakan gadget tersebut.jika anda salah satu penggila gadget dan sangat bergantung serta tidak dapat lepas dari benda tersebut,maka waspadai beberapa penyakit dibawah ini.beberapa penyakit akibat terlalu sering menggunakan gadget yang dirangkum NOongkrong.com dari berbagai sumber sebagai berikut:
Cybersickness (mabuk layar)
Para ilmuan melakukan penelitian terkait kondisi “cybersickness”, dimana para pengguna akan merasa ada gerakan dalam otot dan telinga bagian dalam.Meskipun tak tampak secara kasat mata,efek dari penyakit ini berupa gejala  mual atau pusing bila menggunakan gadget.Hal ini disebabkan dengan melihat gerak cepat di layar dan mencakup apapun yang bergulir melalui halaman web. Penyakit ini dapat semakin rentan terjadi jika orang tersbut memiliki kebiasaan menatap layar berjam-jam.selain itu perubahan dan pergantian gambar dilayar yang sangat cepat seperti pada game dan film action dapat terkena resiko  dampak penyakit ini
Penyakit ini memang susah dihindari  terutama jika anda merupakan seseorang yang bekerja didepan layar selama berjam-jam dan selalu membutuhkan gadget untuk berkomunikasi.cara terbaik adalah dengan menggulung layar anda lebih pelan dan jangan terlalu sering menonton film atau bermain game.
Insomnia
Tidak sedikit orang yang terbiasa membuka gadget sebelum tidur pada malam hari. Tahukah anda bahwa kebiasaan menggunakan gadget pada malam hari sebelum tidur secara tidak langsung dapat mengganggu siklus tidur anda.cahaya terang yang terpancar dari gadget anda dapat menekan pelepasan melantonin (hormon yang berfugsi untuk membantu proses tidur)yang diproduksi oleh tubuh kita saat dalam keadaan gelap atau tanpa cahaya.cahaya tersebut tanpa anda sadari akan menjaga fikiran anda untuk memasuki  “default mode network”, yaitu kondisi setengah sadar.
Penderita insomnia memiliki  resiko  lebih tinggi akan terkena penyakit jantung,stroke,hipertensi dan juga diabetes. Dalam fase yang kronis, insomnia dapat menyebabkan kematian.Sementara itu insomnia akibat penggunaan gadget dapat dicegah dengan menghentikan penggunaan gadget satu atau dua jam sebelum tidur. Hal tersebut dilakukan guna mengurangi efek pancaran cahaya yang menghambat produksi melantonin.
Defresi facebook
Sebuah kelompok dokter di AS pernah menperingatkan  para remaja akan bahaya kesehatan yang ditimbukan facebook.Penggunaan facebook yang terlalu sering dapat membuat para remaja terobsesi dengan facebook dan  mengorbankan kesehatannya. . Menurut American academy of pediatri “anak-anak yag diabaikan disitus jejaring sosial akan lebih tertekan daripada diabaikan dalam kehidupan nyata “. Mereka memperingatkan resiko kesehatan mental anak yang menjadi korban cyber-bullying dan menegaskan bahwa penggunaan beberapa website dalam jangka panjang dapat mempengaruhi tingkat harga diri.
Nomophobia
Nomophobia adalah merupakan singkatan dari “no-mobile-phone-phobia”, yakni perasaan cemas berlebih apabila dipisahkan dari gadget atau smartphonenya.Menurut salah satu penelitian terbaru mengatakan bahwa sekitar 66 persen orang menderita phobia jenis ini.si penderita ini biasanya memiliki perasaan mulai dari cemas, berkeringat,mual hingga gemetar ketika dipisahkan dari gadgetnya.
Texting Thumb(tendinitis)
Penggunaan jari atau tangan pada gadget dalam waktu yang lama atau jangka panjang, secara bertahap dapat melukai otot-otot tendon, dan saraf. Cedera dibagian jempol biasanya disebut dengan blackberry thumb, sementara itu cedera pada tangan disebut iPad hand.Sementara itu jenis cedera yang paling parah memiliki gejala seperti nyeri, mati rasa,dan kerusakan otot ditangan serta jari dan memerlukan pembedahan untuk pengobatan.
Tinnitus
Penyakit ini mengancam  mereka yang sering terlalu lama menggunakan telepon. Penyakit ini akan membuat telinga sipenderita terasa berdengung dan terkadang membuat sipenderita mendegar suara-suara tertentu.
Kematian
Menurut World Health Organization, lebih dari 60 persen penyebab kematian didunia disebabkan oleh penyakit yang tidak menular, antara lain obesitas,diabetes,hipertensi,penyakit jantung,osteoporosis,osteoritis,dan kanker.bahkan kurang aktivitas fisik diketahui sebagai peringkat keempat penyebab kematian di dunia.kebanyakan anak muda sekarang lebih betah didepan layar gadget sehingga mereka menomorduakan aktivitas-aktivitas lainnya.termasuk aktifitas fisik seperti olahnraga dll. Apabila hal ini terus menerus terjadi, pengguna gadget tentu akan beresiko terkena penyakit sehingga berujung pada kematian
Penggunaan gadget secara berlebihan ternyata memiliki dampak negatif, untuk itu bijaklah dalam menggunakan gadget anda guna menghindari berbagai resiko kesehatan yang akan terjadi.




Nabil/BBS
toongkrongan.blogspot.co.id