Artikel

[Artikel][bsummary]

Wisata

[Wisata][bigposts]

News

[News][twocolumns]

Rapuhnya Sistem Pendidikan di Indonesia, Membunuh Negara Secara Perlahan



(Artikel Pendidikan)




Berbicara tentang Pendidikan ? yang terlintas dipikiran kalian adalah buku, belajar,tugas dan pastinya biaya . Kali ini kita akan membahas Sistem Pendidikan yang semakin membuat frustasi bagi para generasi penerus bangsa . Cape gak sih setiap hari harus nongkrongin buku yang tebalnya udah kaya tumpukan baju di toko ? Menurut beberapa siswa pendidikan itu sangat penting tapi lebih penting lagi ketemu sama temen temen  di sekolah bukan sama setumpuk tugas dan setumpuk materi .

Secara tidak langsung pendidikan itu penting, tapi faktanya pendidikan itu di acuhkan bahkan tidak dianggap sama sekali oleh segelintir orang . Lalu, sistem pendidikan di Indonesia ini seperti apa sehingga membuat bobrok bangsa ini ?
“Sistem pendidikan kita saat ini adalah sistem pendidikan yang mengadopsi sistem pendidikan barat, pendidikan barat itu Material Oriented dan sangat bebas nilai sedangkan dalam islam harusnya mental spiritual atau komprehensif lagi yakni memadukan antara kekuatan Kognitif, Apektif, dan Konatif “ ujar Dosen Ilmu Pengantar Politik Universitas Putra Indonesia (Ridwan Mubarak)
Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada tahun 2009 menyatakan bahwa pelajar di Finlandia menduduki nilai teratas . Dalam buku Finnish Lessons: What Can the World Learn from Educational Change in Finland?  5 keunggulan sistem pendidikan di Finlandia yaitu :

1.     Pilihan sekolah sedikit dan dikelola pemerintah
2.     Tidak ada Kompetisi
3.     Tidak ada Ujian Standar
4.     Kurikulum Pendidikan Fleksibel
5.     Guru Memiliki Tanggung Jawab yang Besar

Jika sistem ini ada di Indonesia berapa banyak siswa yang pasti bersorak gembira karena tak akan ada lagi beban berat yang ditanggungnya . Mencontoh kebaikan dari Negara lain itu perlu tetapi lebih baik jika kita bisa menyelesaikan sendiri permasalahan di Negara ini agar sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh Bangsa Indonesia .

Pendidikan yang baik tanda bahwa Negara itu dikatakan Maju, dengan sistem pendidikan yang semraut seperti saat ini kita hanya menunggu hancurnya Negara karena kaum intelek tidaklah diperjuangkan. Soekarno pernah berkata “Berikan aku 10 Pemuda maka akan aku guncangkan dunia “ dengan ini sangatlah jelas bahwa para Pemuda generasi penerus bangsa harus bisa membuat dunia takluk ditangannya . “ Perubahan itu dinamis jangan menunggu, tapi menjemput agar semua orang melakukan revolusi kesadaran guna memunculkan revolusi harapan “ (Ridwan Mubarak).

Semua pihak harus menyadari tentang masalah dalam pendidikan yang tak henti-hentinya menjadi pikiran di setiap kalangan masyarakat, mencoba dari sekarang untuk Indonesia yang lebih maju .




Nabil/BBS
toongkrongan.blogspot.co.id