Artikel

[Artikel][bsummary]

Wisata

[Wisata][bigposts]

News

[News][twocolumns]

Dibalik Estetika dan Kacamata Sang Sintren


( Sintren Tarian Tradisional Khas Cirebon )


Sintren , apa itu sintren? pernahkah anda mendengarnya? Sintren adalah salah satu dari ragam budaya yang ada di Indonesia. Sintren adalah tarian tradisional khas cirebon yang memadukan nilai estetika tari, kostum dan unsur mistis.
Pernahkah anda melihat peragaan penari sintren? adakah bagian kostumnya yg menonjol? yah konon katanya para penari sintren itu selalu menggunakan kacamata pada saat menari, mengapa demikian ?karena konon katanya jika kacamatanya dibuka kalian akan mendapati mata para penari itu tertutup dan sebetulnya mereka tidak sadar dengan tarian yg sedang mereka lakukan.
Sebelum pentas sintren, para penari wajib mengikuti terlebih dahulu ritual" yg dilakukan oleh ketua kelompok (yang mungkin seorang dukun) penari tersebut, dia memanggil roh" leluhur yg ada di sekitar tempat pementasan dan roh" para penari terdahulu. Setelah prosesi ritual tersebut, penari akan diikat dan dimasukan ke dalam kurungan ayam besar yg ditutup kain, apakah yangg terjadi ? Wow...!! penari tersebut dapat membuka kurungan tersebut dengan keadaan sangat cantik dengan kostum tarinya, tak lupa kacamata hitamnya, dia pun berlenggak lenggok didepan para penonton dan penyawer dengan lincah seperti tak peduli keadaan sekitar.

Bagaimana bisa seperti itu? konon itu terjadi karena penari tersebut di bantu berdandan oleh roh" atau jin yang di panggil tadi, kemudian roh" itu memasuki tubuh sang penari sehingga si penari tidak sadar sebenarnya seperti apa mereka menari di depan banyak orang, dan mereka akan sadar kembali setelah diberikan air jampi" oleh dukun tadi.


Putri Veronika / BBS